Kali ini Wisatawan.id akan membahas mengenai mata uang Filipina yaitu Peso Filipina.

Mata uang Filipina adalah Peso Filipina yang terbagi menjadi 100 centavos atau sentimos dalam bahasa Filipina.

Untuk cek kurs nilai 1 Peso Filipina berapa rupiah silahkan kunjungi link berikut ini CEK KURS 1 PHP KE IDR

Sejarah Singkat Mata Uang Filipina

Sebagai bekas koloni Amerika Serikat, negara Filipina menggunakan bahasa Inggris pada mata uangnya, dengan kata “peso” muncul di catatan dan mata uang sampai 1967.

Sejak adopsi penggunaan bahasa Filipina pada uang kertas dan koin, istilah “piso” sekarang digunakan.

Dari September 2017 hingga 2 Agustus 2018, standar ISO 4217 mengacu pada mata uang dengan istilah Filipina “piso”.

Sejak itu telah diubah kembali menjadi “peso”.

Peso biasanya dilambangkan dengan simbol “₱”. Cara lain untuk menulis tanda peso Filipina adalah “PHP”, “PhP”, “Php”, atau hanya “P”.

Simbol “₱” ditambahkan ke standar Unicode dalam versi 3.2 dan diberi U + 20B1 ( ₱ ).

Simbol dapat diakses melalui beberapa pengolah kata dengan mengetik “20b1” dan kemudian menekan tombol Alt dan X secara bersamaan.

Simbol mata uang Filipina ini adalah unik untuk Filipina karena simbol yang digunakan untuk peso di negara-negara seperti Meksiko dan lain bekas koloni dari Spanyol di Amerika Latin adalah “$”.

Uang kertas dan koin dari mata uang Filipina dicetak dan dicetak di Kompleks Pabrik Keamanan dari Bangko Sentral ng Pilipinas (Bank Sentral Filipina) di Quezon City .

Desain Terbaru

Pada tahun 2009, Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) yang merupakan Bank sentral Filipina mengumumkan bahwa mereka meluncurkan desain ulang besar-besaran untuk uang kertas dan koin saat ini untuk lebih meningkatkan fitur keamanan dan meningkatkan daya tahan.

Gambar pecahan terbaru uang kertas Peso mata uang Filipina

peso filipina mata uang filipina

Gambar pecahan terbaru koin Peso mata uang Filipina

peso filipina coin mata uang filipina

Anggota komite numismatik termasuk diantaranya adalah Deputi Gubernur Bank Sentral Filipina, Diwa Guinigundo, dan Ketua National Historical Institute, Dr. Ambeth Ocampo.

BACA JUGA:  Jalan jalan ke Filipina? Berikut Informasi Seputar Filipina

Desain uang kertas yang baru menampilkan orang Filipina yang terkenal dan keajaiban alam yang ikonik. Simbol nasional Filipina akan digambarkan dengan koin.

Untuk memberikan transisi yang mulus, BSP sengaja mempertahankan beberapa fitur NDS, seperti, ukuran, warna dominan dan kepribadian unggulan di NGC, kecuali untuk potret Presiden Corazon Aquino yang merupakan menambahkan potret pada catatan 500-piso.

BSP mulai merilis batch awal uang kertas baru pada tanggal 16 Desember 2010.

NGC akan bekerja sama dengan NDS sekitar hingga 2014, sementara BSP membangun kemampuannya untuk mencetak dan memproduksi uang kertas NGC dengan fitur keamanan anti-pemalsuan terbaru digabungkan melalui teknologi canggih, yang dipatok di seluruh dunia.

Warna memainkan bagian penting dalam desain mata uang Filipina, menonjolkan elemen kunci seperti angka nilai, segel dan tepi catatan.

Dimasukkannya nomor cetak intaglio besar di bagian depan membedakan masing-masing denominasi untuk memberikan bantuan bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan. standar di seluruh dunia.

Pada 26 Maret 2018, BSP memulai perilisan seri Koin Mata Uang Generasi Baru (NGC) lengkap yang terdiri dari 10-Piso, 5-Piso, 1-Piso, 25-Sentimo, 5-Sentimo dan 1- Sentimo menjadi sirkulasi.

Fitur desain NGC Coin Series meningkatkan estetika dan keamanan koin mata uang Filipina.

Secara khusus, rincian cetak mikro menggunakan teknologi laser-ukiran termasuk dalam dua koin dengan denominasi tertinggi, 10-Piso dan 5-Piso, yang menyulitkan koin-koin ini untuk diduplikasi menggunakan metode pemalsuan koin tradisional.

Komposisi logam koin NGC juga mengecilkan praktik ilegal penimbunan sejumlah besar koin untuk ekstraksi kandungan logam mereka.

Koin, yang muncul sebagai “logam perak”, terbuat dari baja berlapis nikel yang tahan lama yang memiliki ketahanan aus dan korosi yang sangat baik.

Perubahan alamat material berkaitan dengan perubahan warna terutama diamati untuk logam berbasis tembaga.

Koin mata uang Filipina dalam Seri NGC akan menampilkan logo BSP yang baru, tiga pahlawan nasional (Apolinario Mabini di 10-Piso, Andres Bonifacio di 5-Piso dan Jose Rizal di 1-Piso), bintang tiga yang bergaya dan matahari di 25-, 5- dan 1-Sentimo, dan flora endemik yang konsisten dengan desain Seri NGC Uang Kertas yang menyoroti fauna Filipina

BACA JUGA:  36 Tempat Wisata di Jogja yang Kekinian dan Hits

SUMBER: Indomanila